Perancangan Strategi Pemasaran Pada UKM Bbq Dirumah menggunakan Analisis SWOT dan Matriks IE

  • Arlieta Kirana Brahmaniswari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Sari Wulandari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Ima Normalia Kusmayanti Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Bbq Dirumah merupakan sebuah UKM di bidang makanan yang berdiri ketika adanya pandemi Covid-19 di Indonesia sehingga penjualan belum memiliki tren yang meningkat dan belum mencapai target. Permasalahan ini salah satunya dikarenakan strategi pemasaran yang belum optimal sehingga diperlukan usulan strategi pemasaran berdasarkan kondisi UKM Bbq Dirumah untuk meningkatkan penjualan. Analisis SWOT dilakukan untuk identifikasi faktor internal dan eksternal sebagai input dalam penyusunan matriks SWOT dan IE sehingga didapatkan strategi alternatif serta dilakukan evaluasi untuk penentuan prioritas strategi alternatif yang dapat diimplementasikan dengan QSPM sebagai upaya peningkatan penjualan untuk mencapai target. Tujuan penelitian adalah merancang strategi pemasaran pada UKM Bbq Dirumah untuk meningkatkan volume penjualan agar dapat mencapai target yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan posisi UKM Bbq Dirumah berada pada kuadran V pada matriks IE dengan skor IFE 2,604 dan EFE sebesar 2,684 sehingga strategi yang tepat dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi terpilih berdasarkan nilai prioritas pada QSPM adalah “melakukan benchmarking kepada kompetitor untuk pengembangan produk yang lebih baik” dengan skor TAS sebesar 5,895.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] "Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Selama Pandemi Covid-19," Katadata Media Network, 9 Agustus 2020. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/29/perubahan-pola-konsumsi-masyarakat-selama-pandemi-covid-19.
[2] A. Lidwina, "Penggunaan Aplikasi Pesan-Antar Makanan Indonesia Tertinggi di Dunia," Katadata Media Network, 18 Febuari 2021. [Online]. Available: Penggunaan Aplikasi Pesan-Antar Makanan Indonesia Tertinggi di Dunia.
[3] K. W. Sari, "Tantangan dan Tren Pola Konsumsi Masyarakat di Indonesia," Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada, 6 Oktober 2020. [Online]. Available: https://cfns.ugm.ac.id/2020/10/06/tantangan-dan-tren-makanan-di-indonesia-berubah/.
[4] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, Pearson, 2016.
[5] A. Dabbous and K. A. Barakat, "Bridging the online offline gap: Assessing the impact of brands’ social network content quality on brand awareness and purchase intention," Journal of Retailing and Consumer Services 53, 2020.
[6] F. R. David and F. R. David, Strategic Management Concept A Competitive Advantage Approach, Pearson, 2017.
[7] O. Juwita, F. N. Arifin and F. Dewi, "The Online Marketing Strategic Planning for Jember Coffee SMEs," International Journal of Information System and Technology Vol. 2, No. 1, pp. 14-20, 2018.
[8] E. G. Permata, M. Rizki, P. Papilo, S. and A. M. Zain, "Analisa Strategi Pemasaran Lillah Hijab Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot," Jurnal Sains, Teknologi, dan Industri, pp. 92-100, 2020.
[9] N. A. Mara and S. Aliami, "Penerapan Value untuk Menciptakan Heart Share pada Bolu Kering Mak Plengeh di UD Wahyu Jaya Kota Kediri," Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi, pp. 1059-1065, 2021.
[10] I. W. Sugiyo, A. A. Suhendra and M. D. , "Perumusan Strategi Pemasaran Produk Network Administration Professional (NAP) menggunakan Integrasi Metode Analisa SWOT Matriks dan IE Matriks (Studi Kasus Telkom PCC)," e-Proceeding of Engineering, p. 5154, 2016.
Published
2022-12-31
How to Cite
Brahmaniswari, A., Wulandari, S., & Kusmayanti, I. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Pada UKM Bbq Dirumah menggunakan Analisis SWOT dan Matriks IE. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 9(02), 129-135. doi:10.25124/jrsi.v9i02.588