Pengembangan Distribution Center Leu Mart Karawang dengan Analisis Kelayakan, SWOT, STP, IFE EFE IE dan Marketing Mix 9P

  • Candra Galang Gemilang Putra Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wahyudin Wahyudin Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hamdani Hamdani Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

UMKM yang merupakan akses keuangan terbesar Indonesia dengan menyumbangkan 60,34% PDB (Produk Domestik Bruto). Melihat jumlah pasar yang sangat tinggi dengan kebutuhan yang harus dipenuhi dibentuklah Distribution Center (DC) Leu Mart Karawang untuk menjembatani dengan memangkas proses distribusi dari supplier langsung kepada usaha kecil menengah baik toko besar hingga kecil, UMKM, maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). DC Leu Mart Karawang merupakan modern market pertama di Karawang yang membantu meningkatkan UMKM dengan mempermudah proses distribusi produk sembako dan kebutuhan sehari-hari berbasis website dan aplikasi Android. Dalam mendukung kompetisi dan peluang pasar dilakukan kajian dengan menggunakan analisis SWOT, STP (Segmenting, Targeting, Positioning), Analisis IFE EFE dan Marketing Mix 9P disertai dengan analisis kompetisi peluang pasar, operasional, finansial, pemasaran dan sumber daya manusia. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa DC Leu Mart Karawang sangat layak dan memiliki prospek jangka panjang yang bagus untuk dijalankan. Selain dinyatakan oleh hasil analisis, DC Leu Mart Karawang juga telah berjalan selama kurang lebih 8 bulan dengan trendline yang naik di setiap bulannya. Hal ini didukung oleh Return on Investment (ROI) 43,5% dan Payback Period selama 2 tahun 1 bulan. Kelayakan investasi menghasilkan NPV Rp.7.001.220.721, IRR 51% Net B/C 6,77 dan PI 2,16.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Nuraini, “Kasus Covid-19 Pertama Indonesia Masyarakat Jangan Panik,” 2 Maret 2020. [Online]. Available: https://indonesia.go.id/narasi/. [Accessed 30 Agustus 2021].
[2] R. Oktari and C. Devina, “UMKM Penting Bagi Perekonomian Indonesia,” Januari 2021. [Online]. Available: http://indonesiabaik.id/infografis/. [Accessed 30 Agustus 2021].
[3] D. T. S. D. P. Rianita Puspa Sari, “Analisis Kesiapan UMKM Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing dalam Konteks Industri 4.0,” J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, pp. 63-72, 2020.
[4] R. R. Hanny Purnamasari, “Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pelaku Koperasi dan UMKM di Kabupaten Karawang,” Jurnal Politikom Indonesiana, pp. 85-98, 2020.
[5] E. Soliha, “Analisis Industri Ritel di Indonesia,” Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), pp. 128-142, 2008.
[6] B. R. T. Putri, Manajemen Pemasaran, Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana, 2017.
[7] N. D. Retnowati, “Analisis CSF, SWOT dan TOWS Studi Kasus: PT Intan Pariwara Klaten,” Jurnal Buana Informatika, vol. II, no. 1, pp. 31-37, 2011.
[8] A. M. I. Astuti, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. XVII, no. 2, pp. 58-70, 2020.
[9] Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Published
2021-12-31
How to Cite
Putra, C., Wahyudin, W., & Hamdani, H. (2021). Pengembangan Distribution Center Leu Mart Karawang dengan Analisis Kelayakan, SWOT, STP, IFE EFE IE dan Marketing Mix 9P. JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri), 8(02), 116-122. doi:10.25124/jrsi.v8i02.515

Most read articles by the same author(s)