TY - JOUR AU - Putra, Candra Galang Gemilang AU - Wahyudin, Wahyudin AU - Hamdani, Hamdani PY - 2021/12/31 TI - Pengembangan Distribution Center Leu Mart Karawang dengan Analisis Kelayakan, SWOT, STP, IFE EFE IE dan Marketing Mix 9P JF - Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI); Vol 8 No 02 (2021): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Desember 2021DO - 10.25124/jrsi.v8i02.515 KW - N2 - UMKM yang merupakan akses keuangan terbesar Indonesia dengan menyumbangkan 60,34% PDB (Produk Domestik Bruto). Melihat jumlah pasar yang sangat tinggi dengan kebutuhan yang harus dipenuhi dibentuklah Distribution Center (DC) Leu Mart Karawang untuk menjembatani dengan memangkas proses distribusi dari supplier langsung kepada usaha kecil menengah baik toko besar hingga kecil, UMKM, maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). DC Leu Mart Karawang merupakan modern market pertama di Karawang yang membantu meningkatkan UMKM dengan mempermudah proses distribusi produk sembako dan kebutuhan sehari-hari berbasis website dan aplikasi Android. Dalam mendukung kompetisi dan peluang pasar dilakukan kajian dengan menggunakan analisis SWOT, STP ( Segmenting , Targeting , Positioning ), Analisis IFE EFE dan Marketing Mix 9P disertai dengan analisis kompetisi peluang pasar, operasional, finansial, pemasaran dan sumber daya manusia. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa DC Leu Mart Karawang sangat layak dan memiliki prospek jangka panjang yang bagus untuk dijalankan. Selain dinyatakan oleh hasil analisis, DC Leu Mart Karawang juga telah berjalan selama kurang lebih 8 bulan dengan trendline yang naik di setiap bulannya. Hal ini didukung oleh Return on Investment (ROI) 43,5% dan Payback Period selama 2 tahun 1 bulan. Kelayakan investasi menghasilkan NPV Rp.7.001.220.721, IRR 51% Net B/C 6,77 dan PI 2,16. UR - //jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/515