GENERATOR KODE UNIT TESTING UNTUK JAVASCRIPT BERBASIS FRAMEWORK QUNIT

  • Taufik Nur Adi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Pada pengembangan perangkat lunak, kegiatan pengujian merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menjaga kualitas perangkat lunak. Melakukan pengujian aplikasi yang memiliki kompleksitas yang tinggi memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu diperlukan sebuah strategi dan teknik pengujian yang tepat agar pengujian perangkat lunak dapat dilakukan secara efektif dari segi waktu dan biaya. Unit Testing adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian perangkat lunak. Unit Testing memiliki focus pengujian pada bagian terkecil dari sebuah aplikasi. Menulis kode Unit Testing dan Test Case secara manual ketika akan melakukan pengujian, memerlukan waktu dan sangat rentan terhadap kesalahan.


Javascript memiliki fungsi-fungsi umum yang sering digunakan ketika membangun sebuah aplikasi. Fungsi-fungsi umum ini sangat dimungkinkan untuk diuji dengan sebuah kode Unit Testing yang dihasilkan secara otomatis oleh aplikasi Generator. Pada penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi Generator yang menghasilkan kode Unit Testing Javascript yang berjalan pada lingkungan pengujian berbasis Framework QUnit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-07-15
How to Cite
Adi, T. (2015). GENERATOR KODE UNIT TESTING UNTUK JAVASCRIPT BERBASIS FRAMEWORK QUNIT. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(03), 80-88. doi:10.25124/jrsi.v2i03.69