PEMBANGUNAN PORTAL WEB CROWDSOURCING EVENT PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL (MODUL PESERTA EVENT)

  • Alifia Indra Damarani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Irfan Darmawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Taufik Nur Adi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan instansi yang paling sering mengadakan event. Event dibutuhkan sebagai wadah untuk mahasiswa berkreasi, meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi, menjadi ajang hiburan bagi mahasiswa dan masyarakat luas. Portal event perguruan tinggi yang ada pada saat ini belum mengakomodir kemudahan pencarian event dan belum memudahkan user dalam mendaftarkan diri di suatu event. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibangun sebuah portal website event perguruan tinggi dengan menggunakan metode iterative & incremental disertai konsep crowdsourcing dimana website yang bersifat terbuka dengan menampilkan pengkategorian informasi yang jelas sehingga pengunjung tidak merasa kebingungan untuk menemukan informasi yang diinginkan dan meningkatkan kontribusi pengunjung atau peserta event pada portal web yang dibangun. Analisis dan perancangan dari portal website ini menggunakan UML dan pembangunan portal menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel. Portal website diuji dengan melakukan verifikasi fungsionalitas sistem dan validasi dari user feedback. Hasil pengujian menunjukan bahwa portal telah dibangun sesuai dengan perancangan dan dapat mempermudah pihak peserta untuk mencari informasi dan membeli tiket event. Saran untuk penelitian ini adalah menambahkan beberapa fitur dan memperbaiki desain web portal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-07-15
How to Cite
Damarani, A., Darmawan, I., & Adi, T. (2015). PEMBANGUNAN PORTAL WEB CROWDSOURCING EVENT PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL (MODUL PESERTA EVENT). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(03), 8-16. doi:10.25124/jrsi.v2i03.59

Most read articles by the same author(s)