The Development of Post-implementation Erp Model: It-business Partnership, Erp Maintenance and Support

  • Wawan Tripiawan Telkom University
  • Rajesri Govindaraju

Abstract

Kesuksesan penggunaan sistem Enterpraise Resource Planning (ERP) telah banyak diteliti. Akan tetapi, belum banyak penelitian yang meneliti lebih lanjut keterkaitan antara IT-Business Partnership, Maintenance and Support dalam mendukung realisasi manfaat dari penggunaan sistem ERP. Penelitian ini dikembangkan untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang termasuk dalam IT-Business Partnership, terhadap kegiatan dalam Maintenance and Support, pada fase post-project ERP. [1] membagi kegiatan Maintenance and Support menjadi tiga; ERP user support, ERP changes, dan ERP software update. IT Business Partnership digambarkan sebagai hubungan antara IT dengan bisnis, yang tergambarkan dalam 4 relasi, yaitu; Management’s-IT Ownership, User’s-IT Ownership, IT Professional’s-Business Ownership dan juga IT Manager’s-Business ownership. Berdasarkan dari 116 sampel responden perusahaan yang diolah, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat manfaat/keuntungan dari penggunaan sistem ERP yaitu IT Manager’s – Business Ownership, IT Proffesional’s – Business Ownership, Management’s – IT Ownership, User’s – IT Ownership, mempengaruhi tingkat ERP Enable Business Change (Maintenance and Support) baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-16
How to Cite
TRIPIAWAN, Wawan; GOVINDARAJU, Rajesri. The Development of Post-implementation Erp Model: It-business Partnership, Erp Maintenance and Support. JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri), [S.l.], v. 4, n. 02, p. 147-151, dec. 2017. ISSN 2579-9142. Available at: <http://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/JRSI/article/view/226>. Date accessed: 20 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.25124/jrsi.v4i02.226.