Digitalisasi Sistem Pencatatan Stock Opname UKM Konveksi Bale Kampoeng Radjoet Berbasis Website dengan Metode Waterfall

  • Fredicia Angelia Kezia Boanito Sirait Telkom University
  • Endang Chumaidiyah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Tiara Verita Yastica Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Bale Kampoeng Radjoet adalah UKM di Kota Bandung yang memasarkan produk rajut dari 12 pengrajin. Dalam proses bisnisnya, pencatatan data produk masih dilakukan secara manual menggunakan buku tulis. Hal ini berdampak pada proses stock opname, yakni terjadinya ketidaksesuaian data produk di gudang dengan catatan dan kesulitan dalam mengetahui stok produk. Permasalahan tersebut dikarenakan belum adanya sistem yang membantu mencatat seluruh data produk. Hal ini menjadi dasar dilakukannya perbaikan pada sistem pencatatan stock opname dengan penerapan digitalisasi, yakni penggunaan sistem informasi berbasis website. Pengembangan website pencatatan stock opname menggunakan metode waterfall, dengan pemodelan sistemnya menggunakan Unified Modeling Language (UML). Proses verifikasi sistem menggunakan blackbox testing dan validasi menggunakan User Acceptance Testing (UAT) yang mengacu pada ISO 25010. Hasil UAT menunjukkan karakteristik functional suitability 89,33%, performance 92%, usability 91,2%, dan reliability 93,33%. Hasil pengujian ini disesuaikan dengan kriteria interpretasi menunjukkan keempat karakteristik berada pada rentang 81%-100% yang berarti website dapat diterima oleh pengguna karena telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. Limanseto, “Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah.” [Online]. Available: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#
[2] Jamaludin et al., Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri, 2022. [Online]. Available: https://vik.kompas.com/sejarah-kompascom/
[3] R. Setiyanto, N. Nurmaesah, and N. S. A. Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Studi Kasus di Vahncollections,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 9, no. 1, pp. 137–142, 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i1.267.
[4] A. W. Soejono, A. Setyanto, and A. F. Sofyan, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO),” Respati, vol. 13, no. 1, pp. 29–37, 2018, doi: 10.35842/jtir.v13i1.213.
[5] A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
[6] M. F. F. R. Fauzi, S. A. Wicaksono, and W. Purnomo, “Pengembangan Aplikasi Web Pelacakan Harga Situs Web E-commerce,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 10, pp. 9434–9443, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[7] A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, Systems Analysis & Design, 5th ed., vol. 31, no. 1. United States of America: Don Fowley, 2015. doi: 10.1016/0950-5849(89)90057-8.
[8] M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, p. 70 halaman, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240
[9] A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 102–111, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.
[10] N. M. D. Febriyanti, A. A. K. Sudana, and I. N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” JITTER - Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2, 2021.
[11] Permata and W. D. Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus,” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 3, pp. 277–286, 2018, doi: 10.30738/union.v6i3.2985.
[12] D. Widiarti, “Perancangan Sistem Informasi Dan Perbaikan Proses Bisnis dengan Metode Business Process Improvement (Studi Kasus: Koperasi Karya Mulya Situbondo),” Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, vol. 20, no. 1, pp. 183–189, 2022.
[13] Nofiyati, A. K. Nugroho, and W. Bangun, “Evaluation of the Quality of Academic Information System Unsoed Using Iso 9126 and Mean Opinion Score (Mos),” Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), vol. 3, no. 3, pp. 771–779, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.3.366
[14] M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.
[15] H. J. Harrington, Business Process Improvement. United States of America, 1991. doi: 10.4324/9780429320750-12.
[16] C. Vikasari, “Pengujian Sistem Informasi Magang Industri dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis,” vol. 7, no. 1, pp. 44–51, 2018.
[17] M. D. Mulyawan, I. N. S. Kumara, I. B. A. Swamardika, and K. O. Saputra, “Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010: Literature Review,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 1, p. 15, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i01.p02.
[18] M. A. Bastari, D. Darmansah, and D. P. Rakhmadani, “Sistem Informasi Jasa Cuci Interior Rumah dan Mobil Menggunakan Metode User Acceptance Test,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 2, p. 305, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3926.
[19] B. Priyatna, A. Lia Hananto, and M. Nova, “Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development,” Systematics, vol. 2, no. 3, pp. 110–117, 2020.
Published
2023-12-31
How to Cite
Sirait, F., Chumaidiyah, E., & Yastica, T. (2023). Digitalisasi Sistem Pencatatan Stock Opname UKM Konveksi Bale Kampoeng Radjoet Berbasis Website dengan Metode Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 10(02), 129-142. doi:10.25124/jrsi.v10i02.739