Perancangan Perbaikan Atribut Produk Tas Selempang Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis

  • Brandon Dwinata Tjiandra Fakultas Rekayasa Industri
  • Boby Hera Sagita Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Amelia Kurniawati Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Pandemi Covid-19 yang telah berakhir pada awal tahun 2023 membuat kebutuhan masyarakat meningkat dan memberikan peluang baru bagi pelaku usaha pada bidang pakaian/fashion. Objek penelitian ini merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan berbagai produk tas seperti backpack, sling bag, hand bag dan lainnya. Namun, salah satu kategori produk perusahaan yaitu tas selempang mengalami penurunan penjualan selama tahun 2022. Persaingan perusahaan yang bergerak pada bidang pakaian/fashion membuat perusahaan harus mempertahankan bisnisnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan perbaikan atribut produk tas selempang berdasarkan preferensi konsumen. Metode Conjoint Analysis digunakan untuk mngetahui preferensi konsumen pada atribut produk tas selempang sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian dan mempertahankan pelanggan perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 93 responden dengan mayoritas mahasiswa berusia 18-35 tahun. Hasil akhir penelitian berupa atribut terpenting dan nilai utilitas level atribut yaitu atribut warna netral (hitam, abu, putih), atribut harga Rp80.000-Rp160.000, atribut ukuran kecil 2,3 L (24 x 16 x 6 cm), atribut bahan kanvas, atribut model hobo bag, dan atribut fitur yaitu 3-4 partisi, antiair, dan tali permanen. Hasil penelitian dapat digunakan untuk memberikan gambaran terkait preferensi konsumen perusahaan pada produk tas selempang dan dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam merilis produk baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Sadya, “Kinerja Industri Tekstil Meningkat 9,34% pada 2022,” dataindonesia.id, 2023. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/kinerja-industri-tekstil-meningkat-934-pada-2022 diakses April 2023.
[2] V. Dihni and A. Mutia, “Ini Deretan Barang yang Paling Sering Dibeli Masyarakat Saat Belanja Online,” Databoks, no. April, p. 2022, 2022, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/22/ini-deretan-barang-yang-paling-sering-dibeli-masyarakat-saat-belanja-online, diakses April 2023.
[3] A. Ahdiat, “5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023,” Katadata, no. April, p. 2023, 2023, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022, diakses September 2023.
[4] M. Nurul, N. Soewarno, and I. Isnalita, “Pengaruh Jumlah Pengunjung, Ulasan Produk, Reputasi Toko Dan Status Gold Badge pada Penjualan Dalam Tokopedia,” E-Jurnal Akuntansi, vol. 28, no. 3, p. 1855, 2019, doi: 10.24843/eja.2019.v28.i03.p14.
[5] J. F. Hair, W. C. Black, B. J. Babin, and E. A. Rolph, Multivariate Data Analysis (MVDA). 2017. doi: 10.1002/9781118895238.ch8.
[6] V. R. Rao, Applied conjoint analysis, vol. 9783540877. 2014. doi: 10.1007/978-3-540-87753-0.
[7] C. Homburg, M. Klarmann, and A. Vomberg, Choice-Based Conjoint Analysis. Handbook of Market Research, 2022. doi: 10.1007/978-3-319-57413-4.
[8] F. G. Akbar, H. Amani, and S. Wulandari, “Perancangan Atribut Produk Tas Scratchline Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis,” E-proceeding of Engineering, Telkom University, vol. 7, no. 2, pp. 5714–5721, 2020.
[9] F. Isfar and Widowati, “Analisis Konjoin untuk Mengidentifikasi Preferensi Konsumen terhadap Busana Pesta di Butik Fenny Chen,” Ffej, vol. 9, no. 1, pp. 116–122, 2020, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffeTelp/Fax
[10] F. Wang, H. Wang, and J. H. Cho, “Consumer Preference for Yogurt Packaging Design Using Conjoint Analysis,” Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 6, 2022, doi: 10.3390/su14063463.
[11] S. A. Syam, M. I. W. Haeruddin, Z. Ruma, M. I. Musa, and S. Hasbiah, “Pengaruh Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace,” Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, vol. 18, no. 2, pp. 73–79, 2022.
[12] D. L. Mothersbaugh and D. I. Hawkins, Consumer Behavior Building Marketing Strategy Contributing Authors. 2016. [Online]. Available: www.mhhe.com
[13] A. Fauzy, Metode Sampling, vol. 9, no. 1. 2019. [Online]. Available: http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76
[14] N. K. Malhotra, D. Nunan, and D. F. Birks, Marketing Research An Applied Approach. 2017. doi: 10.4324/9781315890005.
[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualititatif dan R&D, vol. 5, no. 3. 2017.
Published
2023-12-31
How to Cite
Tjiandra, B., Sagita, B., & Kurniawati, A. (2023). Perancangan Perbaikan Atribut Produk Tas Selempang Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 10(02), 104-111. doi:10.25124/jrsi.v10i02.680

Most read articles by the same author(s)