Strategi Pemasaran untuk Penguatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sambel Instan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus CV Progressive Gresik)

  • Narto Narto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Qomaruddin

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh negara di dunia menyebabkan pergeseran kebijakan secara global. Pembatasan kegiatan masyarakat secara umum di segala sektor sangat mempengaruhi produktivitas  pelaku usaha, khususnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sambel instan CV Progressive Mengare Gresik. Penurunan penjualan produk merupakan akibat perubahan perilaku kebutuhan konsumen. Strategi pemasaran pasca pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan untuk peningkatan daya saing usaha. Analisis SWOT yang mengintegrasikan faktor internal dan eksternal dengan menyusun strategi alternatif menggunakan matrik SWOT dan QSPM untuk menentukan prioritas strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan daya saing usaha pasca pandemi Covid -19. Tujuan penelitian adalah melakukan upaya penyusunan strategi pemasaran pasca pandemi Covid-19 untuk memperkuat tingkat daya saing usaha UKM Sambel Instan CV Progressive Mengare Gresik. Hasil penyusunan strategi tersebut diharapkan dapat membantu UKM dalam meningkatkan jaringan pemasaran dan penjualan produk sambel instan Mengare Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi UKM sambel instan CV Progressive Mengare Gresik berada pada kuadran V dengan nilai IFAS 2,7037 dan nilai EFAS 2,9416. Alternatif strategi berdasarkan prioritas nilai matrik QSPM sebesar 4,9621 yaitu peningkatan promosi produk melalui digital marketing dan digital branding untuk memperluas jaringan pemasaran melalui marketplace dan kerjasama dengan dinas terkait serta pemerintah daerah untuk peningkatan keterampilan dan modal usaha serta hak paten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] F. Mardiana, T. Indrawati, and Suprayoga, “Pemberdayaan Usaha Sambal Kemasan,” in PKM-CSR, 2020, pp. 1206–1209.
[2] H. Awali and F. Rohmah, “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19,” J. Bisnis dan Ekon. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2020.
[3] Sunarsasi and N. R. Hartono, “Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi),” TRANSLITERA, vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2020.
[4] I. Fitriyani, N. Sudiyarti, and M. N. Fietroh, “Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19,” Indones. J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 2, pp. 87–95, 2020.
[5] A. J. Winarto, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Dalam Membantu Perekonomian Umkm Jasa Konveksi @Anfcreative.Id Di Era Pandemi,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 74–88, 2021.
[6] F. J. Ayuningtyas, “Strategi Branding Dan Promosi Online ‘Warung Sembako Arfa’ Di Masa Pandemi Covid-19,” in Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 2021, pp. 162–167.
[7] H. O. Zulkarnaen and Sutopo, “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo),” Diponegoro J. Manag., vol. 2, no. 3, pp. 1–13, 2013.
[8] W. B. S and R. Armayana, “Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sentra Industri Gitar dalam Menghadapi Covid-19,” Literasi, vol. 1, no. 1, pp. 49–70, 2020.
[9] R. Bobihu, M. Baruwadi, and Y. Boekoesoe, “Strategi Pengembangan Usaha Stik Jagung Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lestari Di Desa Barakati,” Agrinesia, vol. 3, no. 1, pp. 39–50, 2018.
[10] S. Mundari, Z. Arief, E. Yuliaty, A. Trihastuti, and S. Hadijono, “Mengoptimalkan Pemasaran Produk UKM Di Tengah Pandemi Covid-19,” KAIZEN Manag. Syst. Ind. Eng. J., vol. 3, no. 2, pp. 57–61, 2018.
[11] F. Heriawan, A. Susanto, and D. Haryanti, “Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang,” J. Mar. Res., vol. 10, no. 1, pp. 138–146, 2021.
[12] H. D. Fadly and Sutama, “Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19,” Ecoment Glob., vol. 5, no. 2, pp. 213–222, 2020.
[13] D. A. Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha ‘Kremes Ubi’ di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang),” Coopetition, vol. XII, no. 1, pp. 17–22, 2021.
[14] W. L. Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” Akunt. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 89–98, 2020.
[15] Narto, “Analisis Faktor Internal dan Eksternal Bisnis Yang Mempengaruhi Daya Saing UKM Songkok Kabupaten Gresik,” JRSI (Jurnal Rekayasa Sist. Ind., vol. 4, no. 2, pp. 57–62, 2019.
[16] M. L. N. Rosmadi, “Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19,” IKRA-ITH Ekon., vol. 4, no. 1, pp. 122–127, 2021.
[17] Narto, “Pengukuran Tingkat Kualitas Pelayanan Pit-Stop Kopi Gresik,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 5, no. 1, pp. 11–16, 2019, doi: 10.30656/intech.v5i1.1453.
Published
2021-06-30
How to Cite
Narto, N. (2021). Strategi Pemasaran untuk Penguatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sambel Instan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus CV Progressive Gresik). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 8(01), 49-54. doi:10.25124/jrsi.v8i1.458