Analisis dan Evaluasi pada File Storage dan Back Up Terhadap Risiko Bencana di Pusat Data Diskominfo

  • Radian Adi Pratama Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama
  • Endang Amalia Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama

Abstract

Bencana adalah suatu kejadian yang sangat merusak dan tidak dapat diprediksi waktu terjadinya. Suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia sangat rentan oleh bencana dikarenakan posisi Indonesia berada diatas tiga lempeng aktif dan cincin api. Reputasi Indonesia sebagai negara rawan bencana, juga tercatat dalam laporan The Atlas of the Human Planet 2017. Datanya menunjukkan, ancaman bencana alam telah meningkat dua kali lipat dalam 40 tahun terakhir seturut meningkatnya jumlah populasi. Diskominfo Jawa Barat adalah sebuah intansi yang bertugas melaksanakan urusan pemerintah daerah Jawa Barat di bidang komunikasi dan informatika berdasarkan asas otonomi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan. Diskomifo memiliki data center yang berguna untuk kepentingan diskominfo itu sendiri dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) pemerintah provinsi Jawa Barat. Sebuah data center, harus di desain sebaik mungkin untuk menghindari gangguan kerusakan akibat bencana, gangguan ataupun kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan dari data center itu sendiri, maka dari itu harus dapat dihindari atau diminilisir dari dampak risiko yang terjadi dan menjamin availabilitas kelangsungan bisnis organisasi apabila terjadi gangguan atau bencana. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terkait penilaian terhadap terjadinya risiko untuk mengetahui tingkat dampak risiko. Selain itu dalam dokumen ini juga dilakukan analisis dampak bisnis untuk mengetahui prioritas dari sistem informasi yang dimiliki organisasi, agar organisasi dapat lebih mengetahui sistem informasi yang mana yang menjadi prioritas utama ketika terjadi gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] PESARESI Martino, E. D. (2017). Atlas of the Human Planet 2017: Global Exposure to Natural Hazards. Publications Office of the European Union.
[2] Sihwi, S. W. (2009). Pengembangan Process Maturity Framework Pada E-Government di Indonesia. Jakarta, Indonesia: Universitas Indonesia.
[3] Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi E-Government di Indonesia. Yogyakarta, Indonesia: UPN Veteran.
[4] Tayyiba, P. S. (2017, Mei 31). Pembahasan Rancangan Perpres SPBE. Retrieved from http://www.wantiknas.go.id/2017/07/18/peran-kepemimpinan-cio-dalam-mewujudkan-e-government-terpadu/
[5] BPPTIK. (2016). Peringkat Egovernment Indonesia berdasarkan survey PBB. https://bpptik.kominfo.go.id/2016/09/09/2190/inilah-peringkat-e-government-indonesia-berdasarkan-survei-pbb-2016/.
[6] Landesman. (2001). Public health management of disasters: The practice. Washington, DC.
[7] Handmer, P. &. (1992). Hazard management and emergency. London.
[8] Nigg, J. M. (1995). Wellington after the quake: The challenge of rebuilding. Wellington, New Zealand: the Earthquake Commission.
[9] Anthopoulos, L. G.-P. (2012). An effective disaster recovery model for construction projects. Crete, Greece.
[10] Clark, P. (2010). Contingency planning and strategies. Kennesaw State.
[11] Ramesh R. Rao, J. E. (2007). Improving Disaster Management: The Role Of. Washington D.C. United States: The National Academies.
[12] S. S. . Hermawan and R. R. Saedudin, “Design of Cooling and Air Flow System Using NDLC Method Based on TIA-942 Standards in Data Center at CV Media Smart Semarang”, Int. J. Adv. Data Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 34-39, Apr. 2020.
[13] A. Fathurohman and R. W. Witjaksono, “Analysis and Design of Information Security Management System Based on ISO 27001: 2013 Using ANNEX Control (Case Study: District of Government of Bandung City)”, Bulletin of Comp. Sci. & Electr. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 1-11, Jun. 2020.
[14] Sekaran, U. (n.d.). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach Vol.4.
Published
2020-06-27
How to Cite
Pratama, R., & Amalia, E. (2020). Analisis dan Evaluasi pada File Storage dan Back Up Terhadap Risiko Bencana di Pusat Data Diskominfo. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(01), 36-40. doi:10.25124/jrsi.v7i1.364