PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK KAOS PADA DOBUJACK INV. MENGGUNAKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR DAN (1-0) INSERTION INTRA ROUTE

  • Handi Koswara Institut Teknologi Nasional, Bandung

Abstract

Makalah ini membahas pemecahan permasalah pengiriman pada Dobujack Inv. Rute pengiriman kaos pada tiap pelanggan saat ini dilakukan oleh intuisi dari supir, maka dari itu efisiensi pengiriman tidak tercapai karena jarak serta waktu yang tidak pasti. Permasalahan penentuan rute tersebut termasuk dalam permasalahan Vehicle Routing Problem (VRP). VRP tersebut adalah permasalahan penentuan rute pada pengiriman yang berpusat pada satu atau lebih depot dengan pelanggan yang tersebar serta permintaan yang berbeda-beda. Permasalahan VRP ini diselesaikan dengan menggunakan metode nearest neighbour pada awal pembentukan rute, selanjutnya di optimasi dengan menggunakan metode (1-0) Insertion Intra Route. Hasil penelitian ini menghasilkan tur dengan penghematan jarak dan waktu dalam melakukan pendistribusian untuk perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-29
How to Cite
KOSWARA, Handi. PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK KAOS PADA DOBUJACK INV. MENGGUNAKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR DAN (1-0) INSERTION INTRA ROUTE. JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri), [S.l.], v. 4, n. 02, p. 192-198, dec. 2017. ISSN 2579-9142. Available at: <http://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/JRSI/article/view/286>. Date accessed: 21 july 2018. doi: https://doi.org/10.25124/jrsi.v4i02.286.