Optimasi Jaringan Komputer Nirkabel berdasarkan Desain Bangunan pada Universitas Telkom

  • Muhammad Fathinuddin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Aurora Margaretha Rompas Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Muhammad Hibban Mikhail Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Jaringan komputer didesain berdasarkan fungsi yang disesuaikan dengan desain bangunan yang harus dianalisis untuk mempertimbangkan intensitas penggunaan dan pemeliharaannya. Studi kasus kali ini berada pada Gedung Universitas di Bandung yang menggunakan kombinasi fiber optic dan jaringan nirkabel menggunakan frekuensi 2,4GHz & 5GHz. Kondisi existing diuji dalam tahapan survei lapangan dan ditemukan beberapa permasalahan yaitu tingginya interferensi frekuensi sinyal nirkabel, penggunaan channel band tidak terkonfigurasi dengan baik yang menyebabkan terganggunya koneksi ketika berada pada dua area akses poin terdekatnya, serta terdapat blank spot membuat perangkat pengguna tidak dapat terkoneksi. Optimasi jaringan nirkabel perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan. Metode yang digunakan untuk proses optimasi jaringan adalah Network Development Life Cycle (NDLC) yang terdiri dari tahap Analisis, Desain dan Simulation Prototyping, serta pengukuran menggunakan parameter Quality of Service (QoS). Hasil pengujian menunjukkan tingginya interference area karena konfigurasi pada akses poin dapat menggunakan channel band yang sama, serta akses poin yang bertipe wall-mount namun digunakan pada plafon sehingga bisa menginterferensi jaringan atas maupun bawahnya. Pengujian QoS dilakukan sesuai standar TIPHON yaitu parameter throughput>1kbps, packet loss <3%, dan delay<150ms. Rekomendasi untuk mengoptimasi jaringan adalah dengan mengubah penggunaan channel band dengan format channel 1-6-11 bagi ruangan yang berdekatan agar meminimalisir interferensi antar channel band yang sama. Dan juga dilakukan simulasi perubahan perangkat bertipe ceiling-mount sesungguhnya, menunjukkan interference yang menurun baik ke lantai atas maupun bawahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. B. M. Abdelrahman, A. B. A. Mustafa, and A. A. Osman, A Comparison between IEEE 802.11 a, b, g, n and ac Standards. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSR-JEC), vol. 17, no. 5, 2015, pp. 26–29.
[2] M. I. G. Febrianto, M. T. Kurniawan, and U. Y. K.S.H., ANALISIS DAN PERANCANGAN OPTIMASI SISTEM NETWORK CABLING DI FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI DENGAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC), PhD Thesis, 2020.
[3] F. Ammar and H. Hanafi, Analisis Transfer Rate Wireless Local Area Network Dengan Standar IEEE 802.11a Dan IEEE 802.11g Pada Kanal Line of Sight, Jurnal Ecotipe (Electronic, Control,Telecommunication, Information, and Power Engineering), vol. 3, no. 1, pp. 31–39, 2016.
[4] Cisco, Wireless High Client Density Design Guide About Wireless LAN Design Guide, 2018. Diakses pada tanggal 15 Juni 2023. https://www.cisco.com/c/en/us/td/docs/wireless/controller/technotes/8-7/b_wireless_high_client_density_design_guide.html
[5] Y. Yusantono, Analisis dan Perbandingan Jaringan WiFi dengan Frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz dengan Metode QoS, PhD Thesis, Universitas Internasional Batam, 2019.
[6] Telecommunication Standardization Sector of ITU (ITU-T). Series G: Transmission Systems and Media, Digital Systems and Networks, Network Model for Evaluating Multimedia Transmission Performance over Internet Protocol (G.1050). Telecommunication Standardization Sector of ITU (ITU-T), 2005.
[7] I. Dolińska, M. Jakubowski, A. Masiukiewicz, Interference Comparison in Wi-Fi 2.4 GHz and 5 GHz Bands. International Conference on Information and Digital Technologies (IDT), IEEE, 2017.
[8] Y. Yanti, N. Pramita, dan Maulizar, Analisa Pengukuran Interferensi Pada Access Point (AP) Untuk Mengetahui Kualitas Quality of Service (QoS), Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), vol. 1, no. 1, hlm. 17–21, 2018.
Published
2023-06-30
How to Cite
Fathinuddin, M., Hediyanto, U., Rompas, A., & Mikhail, M. (2023). Optimasi Jaringan Komputer Nirkabel berdasarkan Desain Bangunan pada Universitas Telkom. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 10(01), 54-61. doi:10.25124/jrsi.v10i01.614