Penerapan Modul Dashboard Marketing untuk Mendukung Penerapan Digital Marketing pada UMKM

  • Fitriyana Dewi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Ekky Novriza Alam Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Rachmadita Andreswari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom

Abstract

Desa Mekarsari merupakan desa binaan di kabupaten Bandung yang memiliki BUMDes. Desa Mekarsari memiliki potensi besar terutama pada bidang perkebunan teh dan kopi. Beberapa UMKM lainnya memiliki produk seperti kripik dan kerajinan tangan lainnya. UMKM secara umum memiliki kesulitan untuk meningkatkan daya saingnya. Bidang teknologi dan kompetitor merupakan tantangan terbesar yang harus dilewati oleh UMKM. Saat ini keberadaan marketplace dapat membantu UMKM untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan produk. GambungStore merupakan salah satu marketplace yang ditujukan secara khusus sebagai media pemasaran produk UMKM Desa Mekarsari. Keberadaan marketplace ini sebenarnya dapat dioptimasi melalui strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran yang baik memerlukan proses controlling secara berkala yang dapat dilakukan dengan menggunakan informasi perilaku konsuman terhadap produk. Informasi perilaku konsumen ini akan didapatkan pada modul dashboard marketing pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] BPS, “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018,” 2018.
[2] M. Irjayanti and A. M. Azis, “Barrier Factors and Potential Solutions for Indonesian SMEs,” Procedia Econ. Financ., vol. 4, no. Icsmed, pp. 3–12, 2012.
[3] A. Sarikaya, M. Correll, L. Bartram, M. Tory, and D. Fisher, “What do we talk about when we talk about dashboards?,” IEEE Trans. Vis. Comput. Graph., vol. 25, no. 1, pp. 682–692, 2019.
[4] Fadly, Ubaidillah H., Pradana, Fajar, Santoso, N., “pembangunan Aplikasi Dashboard untuk Analisa Efektivitas Marketing Online Berbasis Website,” Jurnal Pengembangan teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., vol. 3, no. 6, hlm. 5460–5469, 2019.
[5] Yunistira, Altesa and Fudholi, Dhomas H., “Analisis Penerapan Model Business Intelligence pada Aplikasi Payment Point Online Banking dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika., vol. 7, no. 1, hlm. 1–10, 2020.
[6] M. A. Rather and V. Bhatnagar, “A comprative study of sdlc model,” vol. 4, no. 10, pp. 23–29, 2015.
[7] S. Madhukar Salve, S. Neha Samreen, and N. Khatri-Valmik, “A Comparative Study on Software Development Life Cycle Models,” Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 05, no. 02, pp. 696–700, 2018.
[8] M. Fowler, UML Distilled Third Edition A Brief Guide to Standard Object Modeling Language (3rd ed.). England: Addison - Wesley Pearson Education, 2004.
[9] J. Gaur, A. Goyal, T. Choudhury, and S. Sabitha, “A walk through of software testing techniques,” Proc. 5th Int. Conf. Syst. Model. Adv. Res. Trends, SMART 2016, pp. 103–108, 2017.
[10] I. Otaduy and O. Diaz, “User acceptance testing for Agile-developed web-based applications: Empowering customers through wikis and mind maps,” J. Syst. Softw., vol. 133, pp. 212–229, 2017.
[11] A. B. M. Moniruzzaman and D. S. A. Hossain, “Comparative Study on Agile software development methodologies,” vol. V, no. 3, pp. 37–56, 2013.
Published
2021-09-09
How to Cite
Dewi, F., Alam, E., & Andreswari, R. (2021). Penerapan Modul Dashboard Marketing untuk Mendukung Penerapan Digital Marketing pada UMKM. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 8(01), 35-41. doi:10.25124/jrsi.v8i1.459