Perancangan SOP Pengendalian Dokumen Mutu di Rumah BUMN Bandung dengan Metode Business Process Management

  • Faisal Fathurrahman Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Sri Widaningrum Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Wiyono Sutari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting bagi suatu daerah, khususnya sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di daerah. Agar terciptanya efisiensi, jangkauan pasar yang lebih luas, menarik pelanggan lebih banyak, serta peluang bisnis yang lebih baik, UMKM harus masuk ke ekosistem bisnis digital. Rumah BUMN (RB) merupakan program inisiatif BUMN dan Kementerian BUMN untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Rumah BUMN Bandung merupakan salah satu Rumah BUMN yang aktif dan terdapat banyak kegiatan yang berada di bawah naungan Bank BRI. Seiring berkembangnya ekosistem bisnis digital, pelaku UMKM yang bergabung dengan Rumah BUMN Bandung semakin bertambah. Implementasi pendokumentasian di Rumah BUMN Bandung hanya mencapai 12,5%, terutama terfokus pada program pelatihan dari total 8 program yang ada. Penyebabnya adalah belum adanya penerapan standar pengendalian dokumen mutu secara menyeluruh di Rumah BUMN Bandung. Sehingga, karyawan Rumah BUMN Bandung sering kali kesulitan mencari dokumen, terkadang dokumen yang sudah kedaluwarsa masih digunakan, dan kekeliruan memberikan dokumen sesama karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dokumen yang perlu dikendalikan, merancang SOP pengendalian dokumen mutu, serta membuat use case diagram. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Business Process Management (BPM). Dalam upaya menangani permasalahan yang ada, akan dirancang SOP dan use case diagram proses pengendalian dokumen mutu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Halim, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan Volume 1, No. 2, pp. 157-172, 2020.
[2] S. J. Raharja, “Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital,” Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No.1,, p. 108 – 123, 2021.
[3] N. Nilamsari, “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif,” Wacana Volume XIII No.2, pp. 177-181, 2014.
[4] T. Nurhadiyan, “Perancangan Sistem Pengendalian Dokumen Pt. Lotte Mart Whole Sale Serang Menggunakan Codeigniter,” Jurnal ProTekInfo , vol. Vol. 6 No 1, pp. 36-45, 2019.
[5] A. Zikri, “Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera,” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), vol. Vol. 2 No. 1, pp. 923-926, 2022.
[6] N. Majid, “Optimalisasi Kinerja LEmbaga Amil Zakat Melalui Standar Mutu ISO 9001,” Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf, Vol. %1 dari %2Volume 1 , No. 1, pp. 69-87, 2020.
[7] S. V. Winata, “Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. %1 dari %2Volume 1, Nomor 1, pp. 77-86, 2016.
[8] T. B. Kurniawan, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman,” Jurnal TIKAR Volume 1. No. 2, pp. 192-206, 2020.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.
[10] J. Jeston, Business Process Management: Practical Guidelines to Successful Implementations, New York: Routledge, 2018.
[11] H. M. J. Saputra, “Analisis Proses Bisnis pada Dinas Perdagangan Kota XYZ dengan Menggunakan Business Process Management Lifecycle,” Journal Institut Teknologi Kalimantan, pp. 71-83, 2020.
[12] P. Rachman, “Implementasi Plan-Do-Check-Action (PDCA) Berbasis Key Performance Indicator (KPI): Studi Kasus Di SMP-SMA Integral Ar-Rohmah Dau Malang,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 04 No. 02, pp. 132-145, 2020.
[13] J. Siegel, “In OMG’s OCEB Certification Program, What is the Definition of Business Process?,” May 2008. [Online]. Available: https://www.omg.org/oceb-2/documents/OCEB_Definition_Of_Business_Process.pdf.
[14] Y. Crismanto, “Analisis Kesenjangan Terhadap Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Pada CV. Tirta Mangkok Merah,” Jurnal Teknologi, Informasi, dan Industri, vol. I, no. 2, pp. 73-81, 2018.
[15] L. E. Ekasari, “Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kecelakaan Kerja Pada Pengoperasian Container Crane Di PT X Surabaya Tahun 2013–2015,” The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health,, vol. 6, no. 1, p. 124–133, 2017.
Published
2024-06-30
How to Cite
Fathurrahman, F., Widaningrum, S., & Sutari, W. (2024). Perancangan SOP Pengendalian Dokumen Mutu di Rumah BUMN Bandung dengan Metode Business Process Management. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 11(01), 56-68. doi:10.25124/jrsi.v11i01.749

Most read articles by the same author(s)