Optimalisasi Pemilihan Lokasi Terminal Angkutan Barang di Wilayah Sarbagita: Pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP)
Abstract
Selain melayani angkutan barang daerah, ketersediaan terminal barang juga sangat dibutuhkan sebagai bagian dari sistem angkutan perkotaan. Dalam menyediakan terminal barang dagangan, banyak pertimbangan yang diperlukan untuk menciptakan pengangkutan barang dagangan yang efektif dan efisien dalam hal muatan yang terhubung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi terminal barang agar pelayanan transportasi logistik kawasan Sarbagita dapat berjalan dengan lancar tanpa terkendala masalah transportasi. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada pemangku kebijakan di Provinsi Bali dan pakar transportasi yang kompeten. Analisis lanjutan juga menggunakan software Expert Choice yang merupakan metode pengambilan keputusan, yang peralatan utamanya adalah sebuah hirarki. Setelah data dilakukan analisis kemudian ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. Hasil penelitian kriteria lokasi terminal angkutan barang terdapat 6 variabel di antaranya kesesuaian RT/RW, kepadatan lalu lintas, integasi antar moda, kondisi topografi, aksesibilitas dan dampak lingkungan. Terdapat 4 alternatif yang disarankan yaitu Mengwi, Pantai Soka, Ubud, dan Ida bagus Mantra Gianyar. Pemilihan lokasi terminal yang didapatkan dari software Expert Choice pada alternatif 4 pilihan lokasi diperoleh bahwa lokasi terbaik adalah daerah Mengwi Kabupaten Badung (31,1%).
Downloads
References
[2] “Terminal Barang dalam Pengelolaan Angkutan Barang di Jabodetabek.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://bptj.dephub.go.id/post/read/terminal-barang-dalam-pengelolaan-angkutan-barang-di-jabodetabek?language=en
[3] E. R. Simbolon, P. Manajemen, T. Multimoda, and J. Medan, “KAJIAN INDIKASI PENENTUAN LOKASI TERMINAL BARANG DI BANYUWANGI,” Jurnal Transportasi Multimoda, vol. 13, no. 4, pp. 159–168, Apr. 2017, Accessed: Dec. 06, 2022. [Online]. Available: https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnalmtm/article/view/175
[4] Setijowarno Djoko, “Keberadaan Terminal Barang Internasional Di PLBN Entikong - UNIKA.” Accessed: Dec. 06, 2022. [Online]. Available: https://www.unika.ac.id/news/media-massa/online/keberadaan-terminal-barang-internasional-di-plbn-entikong/
[5] O. S. Pribadi and Y. Permatasari, “Pemilihan Lokasi Terminal Barang di Kabupaten Semarang dengan Menggunakan Metode P-Median dalam Software Lindo 6.1,” Jurnal Penelitian Transportasi Darat, vol. 23, no. 2, pp. 158–169, Dec. 2021, doi: 10.25104/jptd.v23i2.1813.
[6] “Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 2 Tahun 2023 – JDIH Pemerintah Provinsi Bali.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/peraturan-perundang-undangan/perda/29122
[7] B. M. (Bunga) Marhaeni, H. (Hardiyansah) Syahrir, L. (Ludfi) Djakfar, and R. (Rahayu) Kusumaningrum, “Kajian Pola Pergerakan Barang Dan Lokasi Terminal Kargo Di Kota Malang,” Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya, vol. 1, no. 2, p. 118332, 2016, Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/118332/
[8] S. W. Astuti, A. Soimun, A. A. B. O. Krisna, and K. K. Reaktivasi, “PEMILIHAN ALTERNATIF TRASE KERETA API DI KABUPATEN BANGKALAN membangun trase baru dari Suramadu ke Bangkalan dirasa lebih penting oleh para responden jika dilihat dari segi tata ruang , desain , kerawanan bencana dan kebutuhan dana .,” vol. III, no. November, pp. 125–132, 2019.
[9] “Dua Truk Mogok! Bikin Kemacetan Parah di Tanjakan Samsam Tabanan Bali, Simak Berita Selengkapnya - Tribun-bali.com.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://bali.tribunnews.com/2023/01/26/dua-truk-mogok-bikin-kemacetan-parah-di-tanjakan-samsam-tabanan-bali-simak-berita-selengkapnya
[10] “Rencana Pola Ruang – Sistem Informasi Wilayah dan Tata Ruang Bali.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://tarubali.baliprov.go.id/rencana-pola-ruang/
[11] J.-P. Rodrigue, “The Geography of Transport Systems,” The Geography of Transport Systems, May 2020, doi: 10.4324/9780429346323.
[12] P. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Transportasi Darat Bali et al., “Analisa Faktor Pemilihan Moda Transportasi Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process,” Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, vol. 2, no. 1, pp. 11–18, May 2021, doi: 10.52920/JTTL.V2I.
[13] M. A. Saputro, D. Program, S. Sarjana, and A. Hermawan, “PENENTUAN TITIK LOKASI DAN DESAIN LAYOUT TERMINAL ANGKUTAN BARANG KABUPATEN BLITAR Rachmat Sadili”.
[14] “Terminal Barang dalam Pengelolaan Angkutan Barang di Jabodetabek.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://bptj.dephub.go.id/post/read/terminal-barang-dalam-pengelolaan-angkutan-barang-di-jabodetabek?language=en
[15] B. S. Lantai, “BAPPEDA KOTA SEMARANG Badan Perencanaan Pembangunan Daerah L.A”.
[16] “Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://bpjt.pu.go.id/berita/rencana-pembangunan-jalan-tol-gilimanuk-mengwi-akan-dukung-pengembangan-wilayah-di-bali
[17] “Kementerian PUPR.” Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://pu.go.id/berita/dimulai-pembangunan-jalan-tol-gilimanuk-mengwi-968-km
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.