Optimasi Penyusunan Penjadwalan Menggunakan Pendekatan Heuristik Algoritma Campbell Dudek Smith (CDS) di PT OSIN

  • Raihan Afif Makarim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apid Hapid Maksum Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Taufiq Rachmat Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

PT OSIN salah satu perusahaan yang menjalankan bisnis usaha di bidang manufaktur otomotif. Perusahaan menerapkan model produksi flow shop yang pola produksinya line to line secara seri menggunakan metode penjadwalan produksi First Come First Serve. Permasalahan pada metode FCFS dinilai belum cukup optimal dalam mengatasi pemenuhan permintaan produk yang tidak pasti, sehingga menyebabkan keterlambatan jadwal produksi yang berdampak pada aliran atau distribusi barang dan dapat menimbulkan makespan yang tinggi pada kegiatan produksi. Usulan perbaikan metode dilakukan untuk memperbaiki waktu penjadwalan produksi yang berfokus dalam meminimasi nilai makespan yang ada pada sistem urutan penjadwalan. Penelitian menggunakan pendekatan heuristik algoritma Campbell, Dudek, Smith (CDS) dalam mengatasi permasalahan penjadwalan. Metode CDS adalah metode heuristik penjadwalan produksi yang dikembangkan dari algoritma Johnson dalam memperoleh beberapa iterasi urutan dari 6 jenis proses pengerjaan pada work center yang bertujuan untuk menganalisis total waktu pada tiap proses pengerjaan (makespan). Perbandingan dari kedua metode tersebut menggunakan metode FCFS dengan mengurutkan penjadwalan sesuai dengan urutan waktu pemesanan di awal menghasilkan total makespan sebesar 2.408,75 menit, sedangkan penggunaan algoritma CDS yang menggunakan 5 iterasi menghasilkan nilai makespan yang lebih kecil sebesar 881,3 menit. Dari kedua perbandingan metode didapatkan kesimpulan dengan menerapkan sistem penjadwalan dengan metode CDS dapat dijadikan sebagai usulan perbaikan kerja dalam mengatasi waktu keterlambatan pengiriman dan proses penjadwalan produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] K. Roy, F. Evi and H. Lely, "Penjadwalan Produksi Flow Shop Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith (CDS) dan Nawaz Enscore Ham (NEH)," Jurnal Teknik Industri, vol. 04, no. 1, Mar 2016.
[2] B. Aldo and N. Yustina, "Analisa Penjadwalan Produksi dengan Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith di PT. Elang Jagad," Juminten: Jurnal Manajemen dan Teknologi, vol. 02, no. 4, pp. 25-36, 2021.
[3] M. Chamdan, H. Ahmad and S. Hadi, "Analisis Perbandingan Metode Campbell Dudek Smith (CDS) dan GUPTA untuk Optimasi Penjadwalan Produksi," Generation Jurnal, vol. 05, no. 1, pp. 1-10, Jan 2021.
[4] D. Shita and A. Joumil, "Analisis Penjadwalan Produksi Batu Tahan Api dengan Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith (CDS), Nawaz Enscore Ham (NEH), dan PALMER untuk Mengurangi Makespan di PT. X," Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, vol. 01, no. 3, pp. 165-176, 2020.
[5] Imannudin, "Usulan Penjadwalan Produksi dengan Menggunakan Metode Campbell Dudek dan Smith (CDS) di Industri Garment," in prosiding Diseminasi FTI Genap, Bandung, 2021.
[6] Z. Ayu, P. Yugowati and R. Choirul, "Optimalisasi Penjadwalan Mesin Produksi Flowshop dengan Metode Campbell, Dudek, Smith (CDS) pada Divisi Alat Berat Perusahaan Manufaktur," Journal ppns.ac.id: Proceedings Conference on Design Manufacture Engineering and its Application, vol. 03, no. 1, 2019.
[7] J. Nurul and T. Dina, "Penjadwalan Produksi Benang Rayon pada Divisi Persiapan PT. Sukuntex dengan Metode Campbell Dudek Smith (CDS)," Journal of Industrial Engineering and Tehcnology, vol. 02, no. 1, pp. 110-118, Des 2021.
[8] P. M. Sari, "Usulan Penjadwalan Produksi dengan Metode Campbell Dudek Smith pada Produk Personal Care di PT. LF Beauty Manufacturing Indonesia," Jurnal Optimasi Teknik Industri, vol. 02, no. 2, pp. 56-59, 2020.
[9] A. Silvi and M. Ricky, "Usulan Penjadwalan Produksi Benang Menggunakan Metode NEH dan Metode Algoritma Johnson untuk Meminimasi Waktu Produksi di PT. Laksana Kurnia Mandiri Sejati," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 06, no. 3, 2018.
[10] K. R. Baker, Introduction to Sequencing dan Scheduling, New York: John Wiley dan Sons Inc, 1974.
[11] E. A. Rachma, "Optimasi Perencanaan Produksi dengan Menggunakan Model Sistem Dinamik di PT. X," Jurnal Optimasi Teknik Industri , vol. 02, no. 1, pp. 36-42, 2020.
[12] A. Dwi and Y. Evi, "Penjadwalan Produksi dengan Metode Camphbell Dudek Smith (CDS) untuk Meminimumkan Total Waktu Produksi (Makespan)," In Seminar Nasional 2022 ITN Malang, Malang, 2022.
Published
2023-06-30
How to Cite
Makarim, R., Maksum, A., & Rachmat, M. (2023). Optimasi Penyusunan Penjadwalan Menggunakan Pendekatan Heuristik Algoritma Campbell Dudek Smith (CDS) di PT OSIN. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 10(01), 25-31. doi:10.25124/jrsi.v10i01.583