Usulan Pengendalian Kualitas Berdasarkan Analisis Menggunakan Metode Statistical Quality Control pada Produksi Telur Puyuh

  • Ferdi Kurniawan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fahriza Nurul Azizah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kualitas merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Permasalahan mengenai kualitas menjadi isu yang kerap dibahas dalam perusahaan untuk merancang suatu strategi guna mempertahankan posisi dan meningkatkan daya saing perusahaan pada persaingan global dengan perusahaan lainnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas adalah melalui pengendalian kualitas secara statistik (statistical quality control). UMKM Puyuh Kompas merupakan salah satu jenis usaha peternakan unggas yang belum menerapkan prinsip pengendalian kualitas. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengendalian kualitas pada produksi telur puyuh, mengidentifikasi jenis-jenis kecacatan pada produksi telur puyuh, dan memberikan usulan dalam mengendalikan jenis-jenis kecacatan pada produksi telur puyuh di UMKM tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistical quality control dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian kualitas pada proses produksi telur puyuh di perusahaan tersebut belum berjalan dengan baik. Jenis kecacatan yang dominan terjadi dalam proses produksi adalah telur retak dan telur pucat. Tindakan usulan yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menurunkan tingkat kecacatan dengan menetapkan standar operasional prosedur, memperbaiki desain dan tata letak kandang, dan memasang komponen-komponen pendukung yang dapat mencegah burung puyuh terkena wabah penyakit serta serangan hama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Supriyadi, "Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Statistical Proses Control (SPC) di PT. Surya Toto Indonesia," JITMI (Jurnal Teknik dan Manajemen Industri), vol. 1, no. 1, pp. 63-73, 2018.
[2] A. Anggraeni, Fadjriyani and D. R. Darmawan, "Analisis Statistical Quality Control (SQC) pada Industri Rumah Tangga Masyitah Bakery," Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, vol. 7, no. 1, pp. 88-101, 2020.
[3] I. N. Daniar, "Analisa Pengendalian Kualitas Tahu Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) pada Industri Tahu UMKM di Bekasi Indonesia," Strategy: Jurnal Teknik Industri, vol. 4, no. 2, 2020.
[4] N. Hairiyah, R. R. Amalia and E. Luliyanti, "Analisis Statistical Quality Control (SQC) pada Produksi Roti di Aremania Bakery," Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, vol. 8, no. 1, pp. 41-48, 2019.
[5] A. A. D. Candrawati and I. N. Nurcaya, "Analisis Pengendalian Kualitas Produk Telur Asin pada UD. Sari Luwih di Desa Padang Luwih," E-Jurnal Manajemen, vol. 9, no. 6, pp. 2332-2351, 2020.
[6] M. Djana and R. Mayasari, "Analisis Pengendalian Kualitas Membran dalam Pervaporasi Etanol-Air dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control," JISI: Jurnal Integasi Sistem Industri, vol. 4, no. 2, pp. 129-138, 2017.
[7] I. Idris, R. A. Sari, Wulandari and U. U, "Pengendalian Kualitas Tempe dengan Menggunakan Seven Tools," Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi, vol. 3, no. 1, pp. 66-80, 2016.
[8] M. N. Luthfi, Rustono and K. Saleh, "Analisis Pengendalian Kualitas Produk Berbasis Statistical Quality Control (Studi Kasus pada PT. Apparel One Indonesia)," JOBS (Jurnal Of Business Studies), vol. 2, no. 2, pp. 65-78, 2016.
[9] D. S. Wicaksana and D. Riandadari, "Analisa Pengendalian Kualitas Pengantongan Semen dengan Metode Statistical Process Control," Jurnal Teknik Mesin, vol. 5, no. 1, pp. 125-134, 2020.
[10] I. Kuswardani , N. M. S. Y. Permai and H. H. Utami, "Analisis Pengendalian Kualitas Produk Telur di Persada Farm Dusun Argopeni Desa Sudimoro Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang," Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, vol. 21, no. 2, pp. 105-121, 2020.
Published
2022-06-30
How to Cite
Kurniawan, F., & Azizah, F. (2022). Usulan Pengendalian Kualitas Berdasarkan Analisis Menggunakan Metode Statistical Quality Control pada Produksi Telur Puyuh. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 9(01), 21-27. doi:10.25124/jrsi.v9i01.502