Analisis Penyebab Cacat dan Usulan Perbaikan dengan Metode Fault Tree Analysis pada Proses Drawing di PT. XYZ

  • Yunita Nugrahaini Safrudin Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Taufik Rahman Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai jenis produk berbahan dasar logam dengan sistem make to order. Salah satunya adalah part Back Top Plate 450/456 (BTP 450/456) yang merupakan komponen pembuatan kulkas. Pada periode Februari-November 2020, PT. XYZ memproduksi BTP 450/456 sebanyak 15.395 unit. Namun, produk BTP 450/456 memiliki persentase produk cacat tertinggi. Rata-rata persentase produk cacat sebesar 3,06%, sedangkan toleransi jumlah cacat yang ditentukan oleh perusahaan adalah 1%. Hal ini mengindikasikan adanya permasalahan dalam proses produksi. Jenis cacat terbanyak dalam proses produksi 450/456 adalah pecah dengan persentase 41,88%. Berdasarkan Critical to Quality, tahapan proses yang tidak memenuhi syarat dalam proses drawing dapat menimbulkan berbagai jenis cacat, seperti keriput, pecah, miss-sizing, gagal proses, gores, dan penyok. Metode Fault Tree Analysis digunakan untuk mengidentifikasi akar masalah timbulnya jenis cacat pecah. Akar masalah tersebut antara lain belum adanya panduan setting dies, mesin dioperasikan dalam waktu yang lama, kelalaian operator, dan posisi plastik yang tidak tepat. Usulan perbaikan yang diberikan adalah menentukan besar tekanan mesin yang optimal, merancang panduan setting dies bagi operator, mengevaluasi dan memperbaiki proses maintenance, melakukan anlisis kebutuhan mesin baru, supervisor memberikan arahan dengan baik kepada operator, evaluasi kerja berkala untuk menilai kinerja operator, merancang visual display sebagai pengingat bagi operator, dan merancang alat bantu untuk memposisikan plastik pada material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mitra, A. Fundamentals of Quality Control and Improvement. Canada: John Wiley & Sons, Inc, 2016.
[2] Zhan, W. D. Lean Six Sigma and Statistical Tools for Engineers and Engineers Managers. New York: Momentum Press Engineering, 2016.
[3] Crosby, Philip B. Quality is free : The Art of Making Quality Certain, New York: New American Library, 1979.
[4] Mandavgade, N.K., & Jaju, S.B. Optimization of cost by using 7 QC tools. International Journal of Engineering Studies, Volume 1, 2009, pp. 149-160.
[5] Whiteley, M., Dunnet, S., & Jackson, L. Failure mode and effect analysis, and fault tree analysis of polymer electrolyte membrane fuel cells. International Journal of Hydrogen Energy, Volume 41(2), 2015, pp. 1187-1202.
[6] Nurwulan, N.R. & Veronica, W.A. Implementation of Failure Mode and Effect Analysis and Fault Tree Analysis in Paper Mill: A Study Case. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Volume 9 (3), 2020, pp. 171-176.
[7] Wang, F., Zheng, P., Dai, J., Wang, H., & Wang, R. Fault tree analysis of the causes of urban smog events associated with vehicle exhaust emissions: A case study in Jinan, China. Science of the Total Environment, Volume. 668, 2019, pp. 245-253.
[8] Juran, J. M. Merancang Mutu. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1994.
[9] Hyun, K.C., Min, S., Choi, H., Park, J., & Lee, I.M. Risk analysis using fault-tree analysis (FTA) and analytic hierarchy process (AHP) applicable to shield TBM tunnels. Tunnelling and Underground Space Technology, Volume 49, 2015, pp. 121–129.
[10] Haimes, Y. Risk Modeling Assessment and Management. New Jersey: John Wiley & Sons, 2008.
[11] Anderson, R.T. Reliability Design Handbook. Report No. RDH-376. Rome Air Development Centre, Griffiss Air Force Base, New York, 1976.
[12] Haasl, D.F., Advanced Concepts in Fault Tree Analysis. Proceedings of the System Safety Symposium, Seattle, In, 1965.
[13] Tathagati, A. Step by Step Membuat SOP. Jakarta: Efata Publishing, 2013.
[14] Antony, J., Vinodh, S., & Gijo, E. V. Lean Six Sigma for Small and Medium Sized Enterprises: A Practical Guide. London: CRC Press, 2016.
[15] Zhan, W., & Ding, X. Lean Six Sigma and Statistical Tools for Engineers and Engineering Managers. New York: Momentum Press, 2016.
[16] Hidayat, R., Ansori, N., & Imron, A. Perencanaan Kegiatan Maintenace dengan Metode Reliability Centered Maintenance II. Makara, Teknologi, Volume 14, 2010, pp. 7-14.
[17] Iridiastadi, H., & Yassierli. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
Published
2021-06-30
How to Cite
Safrudin, Y., & Rahman, T. (2021). Analisis Penyebab Cacat dan Usulan Perbaikan dengan Metode Fault Tree Analysis pada Proses Drawing di PT. XYZ. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 8(01), 55-62. doi:10.25124/jrsi.v8i1.476