Pengembangan Digital Library Berbasis Web Responsive Menggunakan Wordpress.org

  • Shinta Khatulistiwa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aulia Fashanah Hadining Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dene Herwanto Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sarana informasi yang berperan dalam terbukanya ilmu pengetahuan. Saat ini perpustakaan memiliki beragam jenis mulai dari yang konvensional hingga yang digital. Ruang Baca Fakultas Teknik Unsika perlu dikembangkan menjadi Digital Library supaya lebih efektif dan efisien dalam penyampaian dan pencarian pustaka. Selain itu repositori perlu dibuat untuk mengelola karya-karya ilmiah supaya tidak terbatas pada format cetak. Beragamnya device pada saat ini menyebabkan Digital Library nantinya tidak dapat diakses secara maksimum. Supaya Digital Library dapat diakses maksimum, maka Digital Library perlu dikembangkan dengan berbasis web responsive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode prototype. Metode prototype dipilih karena selama proses pengembangan pihak Fakultas Teknik Unsika tidak bisa memberikan informasi yang maksimal mengenai kebutuhan yang diperlukannya. Wordpress.org digunakan sebagai software yang membangun dan mengelola interaksi web. Hasil dari penelitian ini yaitu terbuatnya Digital Library berbasis web responsive yang menjadikan penyampaian dan pencarian pustaka efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. E. Abdilah, A. Hadining dan D. Herwanto, “Analisis Evaluasi Usability Website Universitas Negeri di Karawang,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 8, no. 2, pp. 89-98, 2019.
[2] D. Herwanto, A. F. Hadining dan R. P. Sari, “Analisis Evaluasi Usability Web Akademik,” Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, vol. 2, no. 1, pp. 30-38, 2018.
[3] A. S. Wahyuni dan A. O. P. Dewi, “Persepsi Pemustaka Terhadap Desain Antarmuka Pengguna (User Interface) Aplikasi Perpustakaan Digital “iJogja” Berbasis Android,” Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 7, no. 1, p. Januari, 2018.
[4] Y. Firmansyah, D. Purwaningtias dan L. Pratiwi, “Prototype Sistem Informasi Pengolahan Dana Bos (SIP BOS) Berbasis Web,” Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, vol. 11, no. 2, Desember 2019.
[5] IDprogrammer, “Kelebihan dan Kekurangan WordPress,” September 2019. [Online]. Available: idprogrammer.com. [Diakses Jui 2020].
[6] A. Nayoan , “11 Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui,” September 2019. [Online]. Available: niagahoster.co.id. [Diakses Juli 2020].
[7] R. Rivalina dan O. M. Anwas, “Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Optimalisasi Perpustakaan,” Jurnal Teknodik, vol. 17, no. 2, Mei 2013.
[8] A. K. Batubara, “Pemanfaatan Perpustakaan Digital dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar,” Jurnal Iqra’, vol. 07, no. 02, Oktober 2013.
[9] C. Novianty, “Review Konsep Responsive Design dengan Framework Materialize pada Website,” Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 2, no. 1, September 2017.
[10] P. Zhao, M. Xu, Y. Ren, Y. Ouyang dan L. Yang, “Advances in Graphic Communication, Printing and Packaging,” dalam Proceedings of 2018 9th China Academic Conference on Printing and Packaging, Gateway East, 2019.
[11] I. Mubarok, “Pengertian Plugin Beserta Jenis dan Fungsinya,” Juli 2018. [Online]. Available: niagahoster.co.id. [Diakses Juli 2020].
[12] G. A. Sandag, A. T. Liem, M. P. Matauseya dan G. Wantah, “Digital Library Jurnal dan Artikel dengan Modul Automatic Citation Format Berbasis Web,” Cogito Smart Journal, vol. 3, no. 2, Desember 2017.
[12] F. F. Kurniawan, F. R. . Shidiq, and E. Sutoyo, “WeCare Project: Development of Web-based Platform for Online Psychological Consultation using Scrum Framework”, Bulletin of Comp. Sci. & Electr. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 33–41, Jun. 2020.
[13] Y. A. Pratama dan E. Junianto, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih dengan Metode Breadth First Search,” Jurnal Informatika, vol. II, no. 1, April 2015.
Published
2020-12-31
How to Cite
Khatulistiwa, S., Hadining, A., & Herwanto, D. (2020). Pengembangan Digital Library Berbasis Web Responsive Menggunakan Wordpress.org. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(02), 95-105. doi:10.25124/jrsi.v7i2.432