Penentuan Strategi Perencanaan Perawatan Pada Mesin Pulverizer Boiler Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II

(Studi Kasus : PT. TJB Power Services)

  • Akhmad Syakhroni Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung
  • Arifin Edo Kurniawan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuzulia Khoiriyah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung
  • M Sagaf Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung

Abstract

Produksi yang terus menerus menyebabkan mesin-mesin bekerja tanpa henti yang mengakibatkan risiko penurunan produktivitas mesin di PT. TJB Power Services. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan Operation and Maintenance PLTU Tanjung Jati B Unit 1 dan 2. Secara umum proses produksi dimulai dari penggilingan batubara yang digunakan untuk bahan bakar memanaskan air menjadi uap kering yang dialirkan ke turbin untuk menggerakkan generator yang menghasilkan listrik. Pada tahun 2018 tingkat Equivalent Availibility Factor (EAF) Unit 1 sebesar 89,45% dan Unit 2 sebesar 93,76% yang semula targetnya 100%. Sedangkan tahun 2019 Unit 1 meningkat menjadi 95,60% dan Unit 2 mengalami penurunan menjadi 88,12%. Fokus penelitian ini pada penggilingan batu bara di mesin pulverizer unit 2 karena mengalami penurunan tingkat availibility dan merupakan mesin yang kritis dalam proses produksi yang akan mempengaruhi produktivitas secara keseluruhan. Berdasarkan analisa RCM II pada tahap FMEA diperoleh nilai RPN tertinggi pada equipment coal pipe dan pyrite. Setelah dianalisa dengan fishbone diagram diperoleh akar penyebab kegagalan antara lain udara primer dan udara luar mengandung kadar air laut dan tidak dilapisi anti karat mengakibatkan korosi, benda asing yang menumpuk dan tidak terfilter di silo serta kurang perawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. B. P. Sari and S. Kromodihardjo, “Perancangan Sistem Pemeliharaan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada Pulverizer (Studi Kasus : PLTU Paiton Unit 3),” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 1, pp. 155–160, 2015.
[2] H. C. Palit and W. Sutanto, “Perancangan RCM Untuk Mengurangi Downtime Mesin Pada Perusahaan Manufaktur Alumunium,” Pros. Semin. Nas. Manaj. Teknol. XV, pp. 1–7, 2012.
[3] H. Rachman, A. K. Garside, and H. M. Kholik, “Usulan Pemeliharaan Sistem Boiler dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM),” J. Tek. Ind., vol. 18, no. 01, pp. 86–93, 2017.
[4] D. I. Rinawati and N. C. Dewi, “Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Menggunakan Overall Equipment Efectiveness (OEE) Dan Six Big Losses Pada Mesin Cavitec Di PT. ESSENTRA Surabaya,” Pros. SNATIF Ke-1, pp. 21–26, 2014.
[5] H. Suliantoro, N. Susanto, H. Prastawa, I. Sihombing, and M. Anita, “Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Mengukur Efektifitas Mesin Reng,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 12, no. 2, pp. 105–118, 2017.
[6] M. Ben-Daya, S. O. Duffuaa, A. Raouf, J. Knezevic, and D. Ait-Kadi, Handbook of Maintenance Management and Engineering. London: British Library Cataloguing, 2009.
[7] M. T. Azis, M. S. Suprawhardana, and T. P. Purwanto, “Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Berbasis Web Pada Sistem Pendingin Primer Di Reaktor Serba Guna GA. SIWABESSY,” JFN, vol. 4, no. 1, pp. 81–98, 2010.
[8] A. M. Smith and Glenn R. Hoinchcliffe, Reliability Centered Maintenance. New York: Mc Graw-Hill Inc, 2004.
[9] Heizer, Jay, and B. Render, Manajemen Operasi, Edisi Ketu. Jakarta, 2010.
[10] J. Moubray, Reliability Centered Maintenance 2nd Edition. New York: Industrial Press Inc. Madison Avenue, 1997.
Published
2021-06-30
How to Cite
Syakhroni, A., Kurniawan, A., Khoiriyah, N., & Sagaf, M. (2021). Penentuan Strategi Perencanaan Perawatan Pada Mesin Pulverizer Boiler Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 8(01), 1-11. doi:10.25124/jrsi.v8i1.399