Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall

  • Anwardi Anwardi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Anggi Ramadona Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Misra Hartati Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Tengku Nurainun Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ekie Gilang Permata Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Promosi merupakan salah satu jenis komunikasi yang sering dipakai oleh pemasar, sebagai salah satu elemen bauran promosi. Proses promosi yang dilakukan oleh CV Fikri Karya Gemilang adalah model promosi tradisional, dengan melakukan kunjungan langsung tanpa adanya alteratif lain. Sistem promosi tersebut masih belum memberikan kinerja yang optimal terhadap jumlah pendapatan perusahaan. Berdasarkan data dari perusahaan terjadi penurunan pekerjaan yang tidak sesuai dengan target perusahaan dan segmentasi wilayah yang tidak terjangkau. Penelitian ini menggunakan metode PIECES dengan menganalisa sistem promosi perusahaan. Penelitian ini memberikan usulan sebuah rancangan website dengan menggunakan model waterfall beserta usability testing pada website dengan total skor 0,72 yang berarti bagus, dan penerapan media online sebagai media promosi berbasis internet. Penelitian ini juga melihat pengaruh antara penerapan sistem promosi tradisional dengan penerapan sistem promosi usulan berbasis internet dengan menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan analisis PIECES maka didapat kan hasil bahwa terdapat tingkat kepuasan konsumen terhadap penerapan sistem promosi manual kurang optimal, dan penerapan sistem promosi usulan memberikan peningkatan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uji paired sample t-test maka dapat disimpulkan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.0000015 yang berarti terjadi perbedaan yang signifikan antara penerapan sistem promosi tradisional dengan sistem promosi usulan berbasis internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Tjiptono, Fandy., Stretegi Pemasaran, Edisi 4, ANDI, Yogyakarta, 2015.
[2] Asbar, Y., dan Saptari, M.A., Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES, Jurnal Visioner dan Strategi, Volume 6, No. 2, 2017, pp. 39-47.
[3] Whittel, J.L., dan Bentley., System Analysis and Design Methods, McGraw-Hill Irwin, New York, 2007.
[4] Riduwan., Metode dan Teknik : Menyusun Tesis, Alfabeta, Bandung, 2014
[5] Arikunto Suharsimi., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Rineka Cipta, Jakarta, 2014.
[6] Ginardi, R.V.H., Gunawan, W., dan Wardana, S.R., WebGIS for Asset Management of Land and Building of Madiun City Government, Journal of Procedia Computer Science , Volume 124, 2017, pp. 437-443
[7] Bugin, B., Analisi Data Penelitian Kualitatif, Raja Grafido Persada, Jakarta, 2003.
[8] Ciew, Thiam K, and salim, Siti S., Webuse: Website Usability Evaluation Tool, Malaysian Journal of Computer Science, Volume 16, Number 1, 2003, pp 47-57
[9] Dewi, S.D., Maechada, R.R., dan Rifai, A. Analisa Pieces Penerapan Digital Monitoring Informasi Penyewaan Ruko Pasar 8 Pada Pt. Alam Sutera Realty, Tbk. Jurnal Seminar Nasional Teknohi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), Volume 1, 2017, pp 644-648
[10] L. Setiyani, A. Syamsudin, A. Gintings, and D. Arifin, “The Analysis of Functional Needs on Undergraduate Thesis Information System Management: A Case Study in Indonesian Universities”, Int. J. Adv. Data Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 50-59, May 2020.
[11] Rachmi, Annisa., Susanto Tony D., and Herdiyanti, Anisah., Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan, Jurnal Teknik Pomits, Volume 13, Number 2, 2014, pp 175-180
[12] Riduwan.., dan Sunanto., Pegantar Stastika untuk Penelitian, Edisi 8, Alfabeta, Bandung, 2015
[13] Anjarkusuma., Dewangga P., dan Soepano, Anisah.., Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding, Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Volume 2, Number 1, 2014, pp 63-69
[14] Khairil., dan Koesoemanagara, Eddy., Sistem Informasi pada Perusahaan Otobus (PO) Waspada Bengkulu Berbasis Web, Jurnal Media Infotama, Volume 7, Number 1, 2011, pp 143-160
[15] Kuswanto, heri., Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of Beautifull Website Design (2nd Edition) By Jason Beaird”, Jurnal Electronics, Volume 2, Number 1, 2017, pp 1-7
[16] Lasminasih., Sandhi, P., Akbar, Ali., Andriansyah , Miftah., dan Utomo, Rooswhan, B., Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa Berbasis Web , Jurnal Sistem Informasi, Volume 8, Number 1, 2016, pp 883-893
[17] B. A. Sulakono, S. Sarkum, M. H. Munandar, M. Masrizal, and D. Irmayani, “The Diversity of Labuhanbatu Community Culture in Android-Based Applications”, Int. J. Adv. Data Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 60-68, May 2020.
[18] F. F. Kurniawan, F. R. . Shidiq, and E. Sutoyo, “WeCare Project: Development of Web-based Platform for Online Psychological Consultation using Scrum Framework”, Bulletin of Comp. Sci. & Electr. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 33-41, Jun. 2020.
Published
2020-06-26
How to Cite
Anwardi, A., Ramadona, A., Hartati, M., Nurainun, T., & Permata, E. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(01), 56-65. doi:10.25124/jrsi.v7i1.380