A Stress Analysis and Performance Level with Correlation in Reaction Time and Number of Error Bandung Personal Car Driver

  • Asterina Febrianti Institute Technology Bandung

Abstract

Mengemudi meliputi aktivitas yang melibatkan beberapa komponen diantaranya pengemudi, kendaraan, penumpang, jalan, dan lingkungan sekitar yang saling berinteraksi. Berdasarkan situs Badan Intelegensi Negara (BIN) dikatakan bahwa salah satu yang menjadi penyebab utama kecelakaan  lalu  lintas  yaitu  faktor kelalaian  pengemudi. Data Polrestabes Kota Bandung periode Februari 2014 hingga Februari 2015 menunjukan bahwa tingkat kecelakaan khususnya mobil pribadi mengalami peningkatan secara fluktuatif. Faktor pengemudi yang menjadi penyebab kecelakaan kemungkinan besar karena kelelahan. Risiko dari kelelahan kerja tersebut salah satunya adalah terjadi stres. Dampak dari stres dapat mengganggu performansi mengemudi yang ditimbulkan dari mood negatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat stres dan tingkat performansi serta pengaruh tingkat stres terhadap tingkat performansi pada pengemudi mobil pribadi dengan menggunakan parameter salivary alpha amylase dan stroop test. Hasil penelitian untuk treatment tidur cukup dan treatment tidak tidur baik sebelum dan setelah simulasi pada tingkat stres (p-value (sig.) > α, 0,174; 0,351 > 0,05) dan tingkat performansi (p-value (sig.) > α, 0,546; 0,904 > 0,05) menunjukan perbedaan yang signifikan. Sementara untuk tingkat stress (p-value (sig.) > α, 0,365 > 0,05) antara treatment tidur cukup dan tidak tidur pada sebelum dan setelah simulasi menunjukan perbedaan yang signifikan dan  untuk tingkat performansi (p-value (sig.) > α, 0,915 > 0,05) menunjukan perbedaan yang signifikan. Hubungan antara tingkat stres dan tingkat performansi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,4, artinya terdapat hubungan yang kuat antara tingkat stres dan tingkat perfomansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-27
How to Cite
Febrianti, A. (2019). A Stress Analysis and Performance Level with Correlation in Reaction Time and Number of Error Bandung Personal Car Driver. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 6(01), 39-45. doi:10.25124/jrsi.v6i1.372