Usulan Perbaikan Sistem untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Sistem Administrasi Gudang Online (AGO) Menggunakan Standar ISO/IEC 9126 di PT. PLN (PERSERO) Rayon Duri

  • Muhammad Ihsan Hamdy Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rika Rahmat Putri Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Dalam pembangunan sebuah sistem diperlukan adanya penjaminan kualitas. Sebuah sistem bisa dikatakan berkualitas baik apabila sudah memenuhi kebutuhan pemakai. Kualitas dapat diukur dari beragam sudut pandang. Salah satu sudut pandang untuk mengukur kualitas perangkat lunak adalah dengan berfokus kepada kepuasan pengguna (user based). Untuk mengetahui kualitas suatu sistem maka diperlukan analisis kualitas terhadap sistem tersebut.  Sistem administrasi gudang online  (AGO)  yang digunakan untuk mengelola persedian material gudang di PT. PLN (Persero) Rayon Duri ini masih memiliki kekurang an dalam pelayanannya saat digunakan,  penelitian ini bertujuan untuk menemukan usulan  perbaikan guna meningkatkan persentase kualitas  layanan sistem administrasi gudang online (AGO) berdasarkan standar ISO/IEC 9126. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner untuk mengetahui keluhan user terhadap sistem, sedangkan untuk pengolahan data  menggunakan pendekatan maturity model dan  delay. Dalam pengujian tingkat reliability (keandalan) sistem AGO berada pada level 1 (sistem sudah terkomputerisasi namun belum terstandarisasikan), untuk mengujian delay seluruh keterlambatan input masuk pada kategori baik dan bisa dimaklumi. Berdarsarkan level maturity (kematangan) dan delay pengujian meghasilkan bahwa sistem administrasi gudang online (AGO) memerlukan adanya perbaikan dan perawatan untuk meningkatkan kinerja kualitas layanan sistem terhadap pengguna (user), sehingga dengan adanya perbaikan dan perawatan sistem dapat meningkatkan 26% menjadi 41% persentase kualitas sebuah sistem teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1] Banjarnahor, Dandles., Darwiyanto, E., Suwawi, DDJ. “Analisis Kualitas Sistem Presensi Pada Gracias Universitas Telkom Menggunakan Standar ISO 9126”. Program Studi Teknik Informatika. Proceeding. Universitas Telkom. 2018.
[2] Fendini, Dian Septiayu., Kertahadi., Riyadi. “Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Fakultas Ilmu Adminitrasi. Univeristas Brawijaya Malang. 2010.
[3] Kusuma, Selvia Ferdiana., Retri Enggar Pawerning., Umi Laili Yuhana.”Pengukuran Kualitas Website Berdasarkan ISO 9126: Systematic Mapping”. Jurnal. Program Studi Teknik Informatika. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 2015.
[4] Lailela, Septi Noer Dan Suwartika, Rini. “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi Sisfo_Nilai Di Polteknik Piksi Ganesha Berdasarkan ISO 9126”. Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal. Politeknik Piksi Ganesha. 2018.
[5] Putra, Arie Setya dan Febriani, Ochi Marshella. “Sistem Informasi Monitoring Barang Pada Balai Riset Standarisasi Industri Bandar Lampung”. Jurusan Sistem Informasi. Jurnal Informatika. STMIK Mitra Lampung. 2013.
[6] Salsabila, Aufa dan Pranomo, Heru Hadi. “Analisis Tingkat Kematangan Sistem Informasi Rumah Sakit Aisyiyah Kudus”.Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Dian Nuswantoro. 2014.
[7] Saputra, dkk. “Penerapan Protokol MQTT Pada Teknologi WAN (Studi Kasus Sistem Parkir Univeristas Brawijaya)”. Jurnal Informatika Mulawarman. Institut Teknologi Sepuluh November. 2017.
[8] Waseso, Bayu dan Wahono, Romi Satria. “Pengukuran Maturitas Pengembangan Perangkat Lunak Melalui Pendekatan Integrasi Capability Maturity Model Integration Dan Six Sigma”. Jurnal. STMIK Eresha. 2018.
Published
2020-06-25
How to Cite
Hamdy, M., & Putri, R. (2020). Usulan Perbaikan Sistem untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Sistem Administrasi Gudang Online (AGO) Menggunakan Standar ISO/IEC 9126 di PT. PLN (PERSERO) Rayon Duri. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(01), 24-29. doi:10.25124/jrsi.v7i1.352