Perancangan Arsitektur Bisnis Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi Di Indonesia Berbasis ISO/IEC 19796-1 Dan Proses Pengelolaan Pengetahuan Dengan Pendekatan TOGAF ADM

  • Heriyono Lalu

Abstract

implementasi e-learning dan program pendidikan jarak jauh (PJJ) menjadi salah satu respon Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menghadapi revolusi industri 4.0 dan disrupsi inovasi pendidikan tinggi. Implementasi PJJ berbasis ICT atau implementasi e-learning di perguruan tinggi Indonesia harus sejalan dengan fungsi tridharma perguruan tinggi, dan mengadopsi quality design approach yang bersumber dari framework yang baik. Requirement ini menjadi penting dalam merancang arsitektur bisnis e-learning Perguruan Tinggi di Indonesia. Penelitian ini menawarkan rancangan arsitektur bisnis e-learning pada perguruan tinggi di Indonesia yang sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, akreditasi insitusi perguruan tinggi, mengikuti framework dan pendekatan mutu (qulity approach) dari ISO 19796 dan PDCA cycle, serta berbasis pengelolaan pengetahuan untuk perbaikan secara berkelanjutan. Perancangan arsitektur bisnis e-learning tersebut dilakukan menggunakan pendekatan TOGAF ADM. Hasil rancangan arsitektur bisnis e-learning bagi perguruan tinggi di Indonesia dituangkan dalam 5 bagian yaitu, e-learning business architecture motivation, e-learning business functions and services, e-learning organizations, e-learning business processes, dan e-learning business roles and actors

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-25
How to Cite
Lalu, H. (2019). Perancangan Arsitektur Bisnis Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi Di Indonesia Berbasis ISO/IEC 19796-1 Dan Proses Pengelolaan Pengetahuan Dengan Pendekatan TOGAF ADM. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 6(01), 46-51. doi:10.25124/jrsi.v6i1.345