SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA KOPERASI BINA SEJAHTERA BANDUNG)

  • Ogi Sarwengga Program Studi Komputerisasi Akuntansi Politeknik, LPKIA
  • Junaedi Abdillah Program Studi Komputerisasi Akuntansi Politeknik, LPKIA
  • Irna Yuniar Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan, Telkom University

Abstract

Koperasi Bina Sejahtera merupakan koperasi serba usaha yang didirikan dengan tujuan menghimpun modal bersama, dibentuk berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong bertujuan untuk membantu para anggotanya yang memerlukan bantuan berupa pinjaman uang, baik untuk keperluan konsumtif maupun untuk modal kerja. Hal tersebut menuntut koperasi untuk memiliki sistem yang lebih efektif dan efisien dalam melayani kebutuhan anggota, serta untuk bertahan dalam persaingan. Saat ini sistem pencatatan transaksi simpan pinjam pada Koperasi Bina Sejahtera masih dilakukan secara manual, sehingga kegiatan input, proses dan output data transaksi simpan pinjam tersebut masih belum berjalan optimal. Koperasi ini masih mengalami kesulitan pengaksesan dan pengelolaan data simpan pinjam dikarenakan selama iniĀ  membuat pembukuan dengan cara manual dengan melihat catatan transaksi, ditambah lagi adanya kemungkinan hilangnya formuir dan data mengenai transaksi simpan pinjam koperasi.


Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tujuan dari aplikasi ini yaitu menangani seluruh kegiatan koperasi yang pada akhirnya dapat menghasilkan jurnal, laporan simpanan, dan laporan pinjaman.


Aplikasi ini dapat menangani pengelolaan data simpan pinjam mulai dari simpanan, pinjaman, angsuran pinjaman, percepatan pelunasan, angsuran tidak dilunasi, menampilkan jurnal, laporan simpanan, dan laporan pinjaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-10-16
How to Cite
Sarwengga, O., Abdillah, J., & Yuniar, I. (2014). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA KOPERASI BINA SEJAHTERA BANDUNG). JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri), 1(02), 28-33. Retrieved from //jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/128/115