PERANCANGAN E-LEARNING SOLIDWORKS MODUL PART ASSEMBLY MENGGUNAKAN MODEL ADDIE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK YANG EFEKTIF

  • Arief Yudha Indraswara Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Rino Andias Anugraha Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Yusuf Nugroho Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Keprofesian Product Design and Ergonomic (PDE) adalah suatu kelompok keahlian di Fakultas Rekayasa Industri. Keprofesian PDE memiliki fokus yang salah satunya adalah kompentensi menggambar teknik menggunakan software komputer (Computer Aided Drawing). Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat bantu ajar software SOLIDWORKS berupa e-Learning. Penelitian ini menggunakan metode instructional design dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian dimulai pada tahap Analysis dengan mengumpulkan user requirements dari mahasiswa keprofesian PDE Universitas Telkom. Lalu, penelitian dilanjutkan ke tahap Design pada model ADDIE. Pembuatan konten e-Learning yang berdasar kepada Certified SOLIDWORKS Profesional (CSWP) khusus modul Assembly modeling dan perancangan storyboard dilakukan pada tahap ini. Setelah itu, penelitian dilanjutkan ke tahap Development dengan merancang aplikasi Flash. Uji coba dilakukan kepada mahasiswa yang terpilih melalui metode pilot test dan user acceptance test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terwujudnya media pembelajaran efektif berupa e-Learning software SOLIDWORKS untuk modul Part Assembly dengan metode ADDIE yang dapat menunjang pembelajaran di keprofesian PDE Telkom University.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-20
How to Cite
Indraswara, A., Anugraha, R., & Nugroho, Y. (2015). PERANCANGAN E-LEARNING SOLIDWORKS MODUL PART ASSEMBLY MENGGUNAKAN MODEL ADDIE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK YANG EFEKTIF. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(02), 53-58. Retrieved from //jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/90/81

Most read articles by the same author(s)