ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI UNIVERSITY BRAND VALUE ANTAR GRUP FAKULTAS MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI KASUS: MAHASISWA PROGRAM SARJANA)

  • Sari Wulandari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Iwan Inrawan Wiratmadja Jurusan Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung

Abstract

Universitas Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung yang telah melakukan rebranding. Rebranding berdampak pada berkurangnya aspek–aspek penting pada brand eksisting. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai ada atau tidaknya perbedaan persepsi mahasiswa Universitas Telkom mengenai dimensi dari university brand value berdasarkan latar belakang Fakultas mahasiswa tersebut, sehingga dapat diketahui persepsi aspek – aspek branding Universitas Telkom (mahasiswa). Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis diskriminan terhadap 781 responden mahasiswa program Sarjana yang berasal dari 6 Fakultas Universitas Telkom yaitu 195 responden Fakultas Teknik Elektro, 156 responden Fakultas Teknik Industri, 110 Fakultas Teknik Informatika, 98 responden Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 71 responden Fakultas Komunikasi dan Bisnis, 151 responden Fakultas Industri Kreatif. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan strategi branding yang berdasar pada kebutuhan mahasiswa sebagai konsumen perguruan tinggi dengan latar belakang fakultas yang berbeda sehingga didapatkan branding yang konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-20
How to Cite
Wulandari, S., & Wiratmadja, I. (2015). ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI UNIVERSITY BRAND VALUE ANTAR GRUP FAKULTAS MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI KASUS: MAHASISWA PROGRAM SARJANA). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(02), 40-45. Retrieved from //jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/88/79