ANALISIS DAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (STUDI KASUS: UNIVERSITAS TELKOM)

  • Ramadhan Triyanto Prabowo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Mochamad Teguh Kurniawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Keamanan jaringan komputer merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam jaringan komputer. Keamanan jaringan komputer yang tidak dirancang dengan baik dapat menyebabkan kebocoran data, pelanggaran privasi, hingga kerugian finansial. Oleh karena itu, dibutuhkan rancangan keamanan jaringan komputer yang dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna layanan jaringan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain keamanan jaringan komputer dengan obyek penelitian adalah Universitas Telkom dengan menggunakan NDLC. Hasil desain keamanan jaringan komputer menjadi usulan untuk pengembangan keamanan jaringan komputer pada universitas tersebut. Hasil dan desain kemanan jaringan komputer di Universitas Telkom diperlukan adanya IDPS untuk mendeteksi adanya serangan karena pada kondisi existing tidak dapat terdeteksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-20
How to Cite
PRABOWO, Ramadhan Triyanto; KURNIAWAN, Mochamad Teguh. ANALISIS DAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (STUDI KASUS: UNIVERSITAS TELKOM). JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri), [S.l.], v. 2, n. 01, p. 1-7, jan. 2015. ISSN 2579-9142. Available at: <http://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/JRSI/article/view/72>. Date accessed: 20 apr. 2019.