PERENCANAAN PERSEDIAAN SELURUH PRODUK KATEGORI DRY FOOD DENGAN PENDEKATAN METODE PROBABILISTIK CONTINUOUS REVIEW (S,S) SYSTEM DI GUDANG RETAIL PT XYZ BANDUNG

  • Ratna Wulan Sari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Dida Diah Damayanti Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University
  • Budi Santosa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

PT XYZ adalah salah satu perusahaan retail yang terletak di Bandung. Salah satu produk yang dijual adalah produk kategori yaitu Dry food. Lokasi penyimpanan produk kategori Dry food dibagi menjadi tiga lokasi yaitu General Area, Sensitive Area, dan Cold storage. Selama ini persediaan produk kategori dry food yang berada di dalam gudang PT XYZ belum dikelola dengan baik, sehingga persedian yang disimpan melebihi kapasitas gudang. Hal tersebut menyebabkan terjadinya overstock yang berdampak pada meningkatnya total biaya persediaan pada PT XYZ. Permintaan konsumen pada PT XYZ cenderung fluktuatif sehingga penjualan bersifat probabilistik. Pada penelitian ini dilakukan penerapan metode probabilistik model Continuous review (s,S) System yang bertujuan untuk menentukan parameter persediaan yang mendekati optimal dengan interval dan ukuran jumlah pemesanan yang optimum untuk setiap SKU pada kategori Dry food, sehingga dapat meminimasi total biaya persediaan. Hasil dari metode probabilistik model Continuous review (s,S) System ini dapat mengetahui ukuran lot persediaan, cadangan pengaman (safety stock), reorder point yang optimal, dan meminimasi ongkos total persediaan. Pemilihan model Continuous review (s,S) System memberikan penurunan sebesar 52% pada General Area, 75% pada Sensitive Area, dan 62% pada Cold storage.

Published
2016-07-19
How to Cite
SARI, Ratna Wulan; DAMAYANTI, Dida Diah; SANTOSA, Budi. PERENCANAAN PERSEDIAAN SELURUH PRODUK KATEGORI DRY FOOD DENGAN PENDEKATAN METODE PROBABILISTIK CONTINUOUS REVIEW (S,S) SYSTEM DI GUDANG RETAIL PT XYZ BANDUNG. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), [S.l.], v. 3, n. 03, p. 1-8, july 2016. ISSN 2579-9142. Available at: <http://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/JRSI/article/view/15>. Date accessed: 18 nov. 2017. doi: https://doi.org/10.25124/jrsi.v3i03.15.

Most read articles by the same author(s)