ANALISIS PROSES MAINTENACE APLIKASI (KASUS : APLIKASI WEB EMISI GAS RUMAH KACA PADA SEKTOR INDUSTRI DI KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN)

  • Tien Fabrianti Kusumasari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Abstract

Software engineering merupakan proses perubahan terhadap sebuah produk software yang bersifat bug-fix, penambaan fungsi baru, dan perbaikan kinerja sistem software, yang mana proses maintenance ini akan selalu diperlukan dalam semua organisasi yang didukung oleh sistem informasi. Pada penelitian ini akan membahas mengenai proses software maintenance dengan studi kasus pada aplikasi web emisi gas rumah kaca pada sektor industri di lingkungan kementrian perindustrian Indonesia. Metode yang digunakan dalam proses maintenance ini diadopsi dari reengineering software proses model dengan beberapa penyesuaian, yaitu inventory analisis, reverse engineering, data restructuring, dan forward engineering. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah new system dengan penambahan fitur pelaporan secara periodik, proses verifikasi, dan penambahan form IPCC.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-19
How to Cite
Kusumasari, T. (2016). ANALISIS PROSES MAINTENACE APLIKASI (KASUS : APLIKASI WEB EMISI GAS RUMAH KACA PADA SEKTOR INDUSTRI DI KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 1(01), 114-120. Retrieved from //jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/117/103